Selasa, 24 Mei 2011

Torehan Sejarah Messi di Barcelona

Dua gol Lionel Messi ke gawang Real Madrid bukan saja mengukuhkan namanya menjadi topskorer sementara Liga Champions musim ini. Messi juga mencatatkan namanya jadi pemain tertajam ketiga dalam sejarah Barca.

Messi memborong gol kemenangan Barca saat menghantam Madrid 2-0 dalam partai leg I semifinal Liga Champions, Kamis (28/4/2011) dinihari WIB, di Santiago Bernabeu.

Sepasang gol tersebut membuat Messi melewati torehan gol salah satu pemain legendaris Barca, Josep Samiter. Dengan total 179 gol di seluruh kompetisi, Messi pun kini jadi pemain tersubur ketiga di Barca, di belakang Cesar Rodriguez (235) dan Ladislau Kubala (194).

Seperti disebutkan situs resmi Barca, Messi juga punya keistimewaan dibandingkan para pendahulunya itu. Alasannya adalah si pemain Argentina menorehkan seluruh golnya tersebut kurang dari 10 tahun.

Hanya dalam tujuh musim bersama tim pertama Barca, Messi sudah mengoleksi 119 gol La Liga, 36 gol Liga Champions, 17 di Copa del Rey, 2 di Piala Dunia Antarklub dan 5 di Piala Super Spanyol.

Tambahan dua gol juga membuat Messi terus meroket di klasemen topskorer Liga Champions. Ia kini menjadi pemuncak klasemen dengan 11 gol, unggul tiga gol dari pengejar terdekatnya yakni Mario Gomez (Bayern Munich, 8 gol) dan Samuel Eto'o (Inter Milan, 8 gol). Baik Bayern maupun Inter sama-sama suda tersingkir.

Golnya ke gawang Iker Casillas sekaligus menjadi kali pertama Messi mencetak gol di semifinal Liga Champions.

Total, Messi musim ini sudah membuat 52 gol, jumlah terbaik dalam karirnya sejauh ini. Sebelumnya catatan terbaik Messi adalah 47 gol, yang ia ukir pada musim lalu.

0 komentar:

Posting Komentar